MAKSIMALKAN PENINGKATAN PAD, INSPEKTORAT SIDAK PENGGUNAAN TAPPING BOX M-POS

0
63

Inspektorat Daerah yang tergabung dalam Satgas PAD melakukan sidak (18/10/2019) ke bebeberapa rumah makan yang berada di Kota Mamuju. Rumah makan tersebut antara lain Warung coto Tamalanrea, Warung Coto Kita di Kompleks Pasar regional Mamuju, Warung Coto Paraikatte II dan Rumah Makan Cici yang terletak di jalan Martadinata, Warung Lalapan Mas Anto jalan Jendral Sudirman, dan Warung Coto Paraikatte I di jalan Punggawa Malolo. Sidak yang dilakukan bertujuan untuk mengecek penggunaan alat Tapping Box M-Pos.

Ada sekitar 40 unit Tapping Box yang tersebar di rumah makan yang berpotensi memiliki pelanggan dan penghasilan lebih banyak. Hal ini merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mamuju melalui kewajiban membayar pajak PPN 10 % yang di bebankan kepada konsumen.
Inspektur Inspektorat Mamuju Muhammad Yani mengungkapkan, secara khusus keterlibatan Inspektorat Mamuju untuk memastikan dalam rangka program pemberantasan korupsi terintegrasi yang dicanangkan oleh KPK terkait beberapa OPD termasuk Bapenda dalam melaksanakan tugas dengan maksimal selaku pengelola PAD.

Selain pengawasan dari sisi regulasi sudah lengkap, perda tentang pajak retribusi dan pajak daerah serta turunannya yakni perbup perizinan dan perbup penggunaan Tapping Box pun telah rampung termasuk sanksinya. “saat ini kami sedang melakukan evaluasi terhadap Bapenda terkait istrumen-instrumen tupoksi yang dilakukan sudah maksimal atau belum, sebagai bahan laporan kami kepada komisi pemberantasan korupsi (KPK)”pungkas Muhammad Yani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here